large image
MENU ALTERNATIF
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA TERBARU
JAJAK PENDAPAT

Bagaimana menurut pendapat anda tentang tampilan website PD KMHDI Sul-Sel ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Lihat Hasil Polling
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 185287 user
  • IP address : 54.81.254.212
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Penjor Merah-Putih Menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI
Kategori Berita | Diposting pada : 2013-08-12 -|- 10:26:00 oleh Admin
Share this article on

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang jatuh pada Sabtu (17/8) 2013 seluruh warga masyarakat Bali dihimbau oleh pemerintah Provinsi Bali untuk memasang penjor yang berisi bendera kebangsaan merah putih. Penjor sendiri umumnya bagi masyarakat penganut ajaran agama Hindu di Bali digunakan sebagai sarana pelengkap upacara hari raya besar Galungan. Selain itu juga penjor dipasang saat ada upacara besar di Pura Desa. Penjor merupakan sarana upacara yang terbuat dari bahan bamboo yang ujungnya melengkung. Sisinya dihias dengan janur (daun enau muda) dan daun-daun lain yang disebut pelawa. Penjor dibagi dari dua jenis yaitu penjor hiasan dan penjor sakral. Nah, yang dipasang dan dihias oleh warga masyarakat Bali menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-68.


13763133081936591253


Pemasangan penjor selain untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia juga sebagai wujud rasa kecintaan serta nasionalisme warga masyarakat Bali terhadap Negara Indonesia. Dahulu, Bali merupakan wilayah kolonialisme Belanda. Banyak para pahlawan yang berasal dari Pulau Bali gugur dalam mempertahankan pulau Bali sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemasangan penjor dengan hiasan bendera merah putih sudah nampak di beberapa wilayah seperti kantor kepala desa, rumah-rumah warga masyarakat Bali, fasilitas-fasilitas publik, sekolahan, dan disisi badan jalan. Selain memasang hiasan penjor dengan corak bendera merah putih tak lupa juga warga masyarakat Bali memasang bendera merah putih di halaman rumah masing-masing. Pernak-pernik berwarna merah putih juga hampir terpasang di daerah pemukiman warga masyarakat Bali.


Himbauan pemasangan penjor bermofir bendera merah putih juga diinformasikan dari harian lokal setempat dan televisi lokal yang ada di Bali. Program sosialisasinya pun juga disiarkan dari televisi lokal yang ada di Bali. Adanya penjor dengan motif bendera merah putih membuktikan bahwa budaya mampu menciptakan sebuah nilai-nilai nasionalisme warga masyarakat Bali yang kental dengan kebudayaan warisan leluhur.


 13763137111287862958


http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2013/08/12/warga-bali-pasang-penjor-bendera-merah-putih-menyemarakkan-hut-kemerdekaan-ri-583734.html



Baca Juga Berita Lainnya