large image
MENU ALTERNATIF
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA TERBARU
JAJAK PENDAPAT

Bagaimana menurut pendapat anda tentang tampilan website PD KMHDI Sul-Sel ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Lihat Hasil Polling
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 181083 user
  • IP address : 23.20.245.192
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Umat Hindu Kota Makassar Melasti di Pantai Akarena
Kategori Berita | Diposting pada : 2013-03-11 -|- 07:08:00 oleh Admin
Share this article on

Pantai Akarena- Makassar, Minggu 10 Maret 2013 Umat Hindu Kota Makassar mengadakan melasti atau melis di segare (pantai) Akarena, Tanjung Bunga Makassar. Pelaksanaan melasti atau mekies ini merupakan sebuah rangkaian pelaksanaan hari raya Nyepi yang akan dirayakan umat Hindu pada tanggal 12 Maret 2012. Upacara Melasti dilaksanakan dengan tujuan untuk menyucikan buana alit sehingga dapat melaksanakan Nyepi nantinya dengan keadaan yang suci. 


Ini merupakan pelaksanaan yang sekian kalinya di pantai Akarena yang merupakan pusat rekreasi pantai masyarakat Kota Makassar, sehingga banyak wisatawan yang sangat heran dan begitu antusias mengambil gambar atau mengabadikan momen yang langka ini. Meskipun dilakukan di pusat rekreasi pantai tapi dalam Dharma Wacananya bapak Nyoman Suharto menekankan yang kita lakukan ini bukanlah rekreasi pantai tapi untuk menyucikan diri dan memohon tirta dari Batara Baruna yang merupakan Dewa Penguasa Lautan. Pelaksanaan Melasti juga dapat dilakukan di sungai karena sungai juga bermuara dilaut dan akan dilebur dilaut , tambah bapak Nyoman.


Pelaksanaan acara ini sangat ramai, begitu banyak umat Hindu kota Makassar berbondong - bondong hadir ke tempat pelaksanaan dengan iring-iringan yang dikawal oleh aparat kepolisian dan kendaraan dari TNI AU. 


Banjar umat Hindu kota Makassar, Bapak Dewa, mengumumkan keesokan harinya ( 11 Maret 2013) akan dilaksanakan caru tawur Agung diPura Giri Natha pukul 09.00 Wita dan persembahyangan pada pukul 05.00 wita.



Baca Juga Berita Lainnya