large image
MENU ALTERNATIF
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA TERBARU
JAJAK PENDAPAT

Bagaimana menurut pendapat anda tentang tampilan website PD KMHDI Sul-Sel ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Lihat Hasil Polling
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 186415 user
  • IP address : 54.196.42.8
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Umat Hindu Kota Makassar laksanakan Nyepi di Pantai Losari
Kategori Berita | Diposting pada : 2015-03-20 -|- 04:24:00 oleh Admin
Share this article on

Makassar, 19 Maret 2015 – Sore hari ini ada yang menarik di Pantai Losari Kota Makassar yaitu dipadati dengan pakaian putih khas adat Bali yang membuat suasana di Pantai Losari Makassar layaknya seperti disulap menjadi Bali. Hal ini sebabkan karena hari ini umat Hindu Kota Makassar sedang melaksanakan Melasti sebagai rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi yang akan dilaksanakan pada 21 Maret.


Melasti sendiri merupakan penyucian diri dengan membuang segala kotoran diri ke laut. Melasti kali ini diikuti oleh seluruh umat Hindu di Kota Makassar dan sekitarnya. Sebelum melaksanakan Melasti pertama dilakukan kegiatan Nedunan Ida Batara di Pura Giri Natha Makassar, kemudian barulah menuju Pantai Losari dengan membawa seluruh perlengkapan upacara di Pura untuk ikut disucikan melalui kegiatan Melasti.


Melasti 2015


Ada yang beda pada pelaksanaan Melasti tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, selain untuk pertama kali dilaksanakan di Pantai Losari atas izin dari Wali Kota Makassar, tahun ini juga dihadirkan berbagai tari-tarian serta hiburan. Tari Pendet dan Baris Gede tetap dipersembahkan dalam rangkaian Persembahyangan Melasti. Setelah persembahyangan usai maka ada yang menarik terlihat yaitu Kolaborasi Barong Bali dan Barong Sai Cina serta Kecak Ogoh-ogoh. Kecak sendiri mengisahkan Rahwana (ogoh-ogoh) menculik Dewi Sinta yang kemudian diselamatkan oleh Hanoman. Kedua tarian ini sontak membuat pantai losari menjadi rama *PNG*


Melasti - Pawai Ogoh-Ogoh



Baca Juga Berita Lainnya