large image
ALAMAT WEBSITE PINDAH
DEKAT DENGAN KAMI
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 194781 user
  • IP address : 3.80.177.176
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
TOT XI KMHDI Regional Sulawesi dan Ramah Tamah
Kategori Berita | Diposting pada : 2015-01-19 -|- 05:18:00 oleh Admin
Share this article on

Makassar, 29-31 Desember 2014 - Training of Trainers kali ini diikuti oleh 58 peserta dan 16 fasilitator dari 4 Pimpinan Daerah, 7 Pimpinan Cabang dan 1 Komisariat KMHDI se-Sulawesi. Diantaranya PD Sulawesi Selatan, PD Sulawesi Utara, PD Sulawesi Tengah, PD Sulawesi Tenggara, PC Palopo, PC Bau-bau, PC Kolaka, PC Konawe, PC Luwuk, PC Gorontalo, PC Kendari dan Komisariat Mamuju.


Training yang berlangsung selama 3 hari yaitu 29 – 31 Desember 2014 ini dilakukan dengan pemberian materi umum dan materi kaderisasi KMHDI yang dibawakan oleh Pemateri – pemateri Profesional dibidangnya baik dari luar KMHDI maupun alumni KMHDI. Sedangkan fasilitator bertugas untuk mendampingi para peserta karena seorang fasilitator adalah mereka yang sudah pernah mengikuti kegiatan TOT sebelumnya.


Selain dengan pemberian materi, peserta juga berikan permasalahan (kasus) yang harus mampu diselesaikan secara berkelompok untuk melatih daya pikir dan kerja sama antar peserta. Sebelum menjadi Trainer peserta TOT harus melewati tahapan simulasi dalam membawakan materi yang dinilai dan dikomentari langsung oleh fasilitator yang telah ditetapkan oleh koordinator Fasilitator bersama Steering Committee.


 TOT XI KMHDI Sulawesi


foto : Peserta dan Fasilitator TOT XI KMHDI Regional Sulawesi


Ramah Tamah untuk Menjalin Kebersamaan


Selepas selesainya rangkaian kegiatan pokok dari TOT XI KMHDI Regional Sulawesi, maka kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Ramah Tamah dan Penyambutan Tahun Baru 2015 oleh Peserta TOT di Puncak Malino Kabupaten Gowa. Berangkat dari Asrama Haji Sudiang dengan menempuh perjalanan selama 3 jam dengan menggunakan Bus bantuan dari Kampus Akademi Pariwisata Makassar (AKPAR).


Di lokasi ramah tamah dengan suasana pengunungan yang dingin, peserta bersama-sama bernyanyi melepas lelahnya kegiatan TOT yang telah berlangsung sambil bakar Ikan sambari menyambut Tahun Baru 2015. Sehingga tepat pukul 23.55 WITA dilakukan pesta kembang api bersama sambil menghitung mundur waktu. Kegiatan ini sangat disambut dengan suka cita oleh peserta TOT, tak sedikit ada yang meneteskan air mata haru karena telah melewati malam pergantian tahun baru bersama.


Setelah istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi dan diskusi bersama mengenai “mau dibawa kemana TOT Regional Sulawesi”. Maka dalam diskusi ini telah diputuskan mekanisme komunikasi antar peserta TOT, kelanjutkan dari TOT regional yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2015 di Konawe Sulawesi Tenggara, serta evaluasi dari TOT kali ini yang sebagian besar peserta mengatakan TOT kali ini sangat berjalan dengan sukses.


Selepas itu kegiatan dilanjutkan dengan wisata alam di kawasan Hutan Pinus Malino. Sehingga dengan berakhirnya kegiatan ini maka berakhir pula seluruh rangkaian kegiatan TOT XI KMHDI Regional Sulawesi yang dilaksanakan di Makassar. Tentu harapan Panitia bahwa seluruh peserta TOT di tahun ini dapat meneruskan kaderisasi di daerahnya masing-masing. (PNG - INFOKOM)


Ramah Tamah TOT XI


Foto bersama Peserta Ramah Tamah TOT XI KMHDI Regional Sulawesi




 



Baca Juga Berita Lainnya