large image
MENU ALTERNATIF
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA TERBARU
JAJAK PENDAPAT

Bagaimana menurut pendapat anda tentang tampilan website PD KMHDI Sul-Sel ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Lihat Hasil Polling
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 183729 user
  • IP address : 54.158.15.97
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Piodalan dan Peresmian Bale Gong Pura Giri Natha oleh Wali Kota Makassar
Kategori Berita | Diposting pada : 2014-10-09 -|- 12:23:00 oleh Admin
Share this article on

08 Oktober 2014, Hari ini merupakan salah satu hari yang disucikan oleh umat Hindu. Karena hari ini adalah hari Pagerwesi yang bertepatan dengan Purnama Kapat. Hari Pagerwesi dimaknai sebagai hari pemujaan terhadap Sang Hyang Pramesti Guru atau Guru yang mana sebelumnya juga dirayakan hari raya Saraswati yang merupakan hari ilmu pengetahuan suci, sedangkan hari Purnama kapat adalah hari yang bertepatan dengan Piodalan di Pura Giri Natha Makassar.


Piodalan tahun ini dirangkaikan dengan upacara pemlapasan atau peresmian secara niskala dan peresmian secara skala Bale Gong di Madya Mandala yang telah di renovasi. Acara Pemlapasan berlangsung di pagi hari yang dipuput langsung oleh Ida Pandita Dharma Yadnya sam Yoga, sedangkan sebagian umat yang lainnya melaksanakan persembahyangan Piodalan di Pura Prajapati yang terletak di Antang.


Pemlapasan Bale Gong


Foto : Pemlapasan Bale Gong


Setelah prosesi pemlapasan Bale Gong dan Piodalan di Pura Prajapati selesai, rangkaian kegiatan piodalan dilanjutkan pada sore harinya dengan prosesi Peresmian Bale Gong secara skala dan proses persembahyangan piodalan di Pura Giri Natha.


Bale Gong diresmikan secara langsung oleh Bapak Wali Kota Makassar Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto atau yang akrab dipanggil Dany Pomanto.


Ketua Banjar Hindu Kota Makassar bapak Dewa Mahendra menjelaskan bahwa Bale Gong ini akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan dari benda – benda suci, seperti senjata – senjata yang digunakan dalam segala prosesi upakara di Pura Giri Natha Makassar, selain itu juga difungsikan sebagai tempat pementasan Tari-tarian pada saat hari – hari besar.


Sedangkan Ketua PHDI Kota Makassar bapak Nyoman Suparta menjelaskan bahwa renovasi Bale Gong ini merupakan bagian dari umat Hindu yang mendukung program dari Wali Kota Makassar yaitu MTR (Makassar ta’ tidak rantasa’), sebab gedung yang dulunya sudah merupakan bangunan tua diperbaharui hingga dengan tampilan yang lebih menarik lagi.


Selain itu Pak Nyoman juga menyatakan bahwa umat Hindu kota Makassar akan selalu mendukung program dari Pemerintahan Kota Makassar, dan beliau juga berharap Wali Kota Makassar bisa datang kembali ke Pura Giri Natha untuk menjalin silaturahmi dengan umat Hindu di Kota Makassar.


Bapak Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto yang akrab dipanggil Dany Pomanto dalam sambutannya mengungkapkan, “ apapun yang menjadi kebutuhan umat Hindu Kota Makassar demi lancarnya prosesi peribadatan, Pemerintah Kota Makassar akan mendukung penuh dan mempersiapkan segala kebutuhannya”.


Selain itu Beliau juga meminta adanya sinergi dan kerja sama umat Hindu Kota Makassar dalam mendukung program –progam pemerintah Kota Makassar untuk mewujudkan Kota Makassar 2 kali lebih baik dari sebelumnya.


Setelah memberikan sambutan, Wali Kota Makassar menandatangani Prasasti Peresmian yang didampingi oleh Ketua – ketua Lembaga Hindu.


Peresmian Bale Gong


Foto : Penandatanganan Prasasti Peresmian oleh Wali Kota Makassar


Dengan selesianya acara Peresmian Gedung Suci atau Bale Gong oleh Wali Kota Makassar, maka acara dilanjutkan dengan Persembahyangan Piodalan. Dari Pantauan Biro Infokom PD  KMHDI SulSel, ada sekitar 2500 jiwa yang hadir dalam persembahyangan ini. Sehingga umat harus menggunakan Madya Mandala, Gedung Serbaguna dan Nista Mandala untuk melaksanakan persembahyangan karena Persembahyangan hanya dilakukan dalam satu gelombang.


Seusai persembahyangan, acara dilanjutkan dengan “nyinep” Ida Batara. Sehingga itulah proses akhir dari rangkaian Piodalan di Pura Giri Natha Makassar. (PNG - Infokom PD KMHDI SulSel)


 



Baca Juga Berita Lainnya